" Selamat Datang di Website Resmi Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Manokwari "

Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Gelar Bimbingan Teknis Kepada Pengelola Fasilitas Kefarmasian di Kabupaten Manokwari

CITRA PUSPITA YUANSARI | 30/11/2021 | Program Kerja | 481 Views | 225 Likes

Pertemuan Bimbingan Teknis Kepada Pengelola Fasilitas Kefarmasian yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari dengan melibatkan 77 Apoteker Pengelola Sarana Kefarmasian yang berlangsung di Swissbell Hotel berjalan baik dan lancar, Sabtu (27/11/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Sarana Kefarmasian yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi serta update dengan peraturan-peraturan terbaru yang diterbitkan oleh Pemerintah RI kepada Apoteker Pengelola Sarana Kefarmasian yang berada di Kabupaten Manokwari sehingga diharapkan dapat menciptakan pelayanan serta praktik kefarmasian bertanggungjawab berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 17.00 WIT tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (Kabid SDK) Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Alexander Takdare, SKM, M.KM mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari dengan agenda kegiatan berupa Materi Penerapan Izin Apotek dan Toko Obat pada OSS RBA (Online Single Submission Risk-Based Approach/Perizinan Daring Terpadu dengan Pendekatan Perizinan Berbasis Risiko) berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan PP Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Produk Rantai Dingin/Cold Chain Product yang dibawakan oleh apt. Drs. Bakhtiar, M.Kes (Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat), Materi Pedoman Teknis Pengelolaan Obat, Bahan Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Farmasi di Fasyanfar dan Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian dibawakan oleh apt. Herianto Baan, S.Si (Kepala Balai POM di Manokwari), Materi Pedoman Teknis CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik) dan Teknik Inspeksi CDOB dan Pengenalan Nomor Izin Edar dibawakan oleh apt. Asruddin, S.Farm., M.K.M (Balai POM di Manokwari), serta Materi Tindak Lanjut Pengawasan dan CAPA (Corrective Action and Preventive Action) yang dibawakan oleh apt. Nurul Octavia Ariany, S.Farm (Balai POM di Manokwari).

 

Selain menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, kegiatan bimtek turut dihadiri oleh Apoteker Pengelola Apotek Swasta, Apoteker Penanggungjawab Apotek di Rumah Sakit, dan Apoteker Penanggungjawab Apotek di Puskesmas yang berada di Kabupaten Manokwari.

Kegiatan Bimtek Kepada Pengelola Sarana Kefarmasian ditutup secara resmi oleh Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari apt. Muhammad Sahrul, S.Si., M.Kes. Bagi sejawat Apoteker Manokwari yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut diberikan 4 SKP (Satuan Kredit Partisipasi) Pembelajaran dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). SekreIAIPCMKW_30112021

Dokumentasi Kegiatan: Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Gelar Bimbingan Teknis Kepada Pengelola Fasilitas Kefarmasian


#Bimtek #Kesehatan #Manokwari #Farmasi #Apoteker #SalamSolidApotekerManokwari

Apakah pendapat Anda tentang berita ini?