" Selamat Datang di Website Resmi Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Manokwari "

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Selenggarakan Pertemuan PPM Dalam Rangka Eliminasi Malaria di Papua Barat

LINCAH KRANDALIT BRAWIJASARI | 30/11/2021 | Program Kerja | 639 Views | 235 Likes

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat sukses laksanakan Pertemuan Kerjasama Kemitraan Layanan Swasta/Public Private Mix (PPM) Dengan Dinas Kesehatan di Kabupaten Manokwari yang berlangsung di Swissbell Hotel dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari dr. Alfred Bandaso, Selasa (23/11/2021).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan lokakarya kewajiban pihak swasta dalam rangka eliminasi malaria di Provinsi Papua Barat yang sebelumnya telah berkomitmen untuk mendukung pencapaian eliminasi malaria di Papua Barat khususnya di Kabupaten Manokwari. Selain dilakukan evaluasi pelaporan logostik, pelaporan kasus malaria maupun crosschecker slide, dilaksanakan juga penandatanganan komitmen kerjasama pihak swasta dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat serta Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari.

Dalam upaya mempercepat target eliminasi malaria di Papua Barat dan Kabupaten Manokwari, selain melibatkan pihak swasta (fasilitas layanan kesehatan swasta) diperlukan adanya dukungan dari organisasi kesehatan yang ada di Manokwari, salah satunya melalui dukungan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Manokwari yang menaungi seluruh Apoteker di Kabupaten Manokwari.

apt. Indah Paramitha Kasim, S.Farm selaku Ketua IAI PC Kabupaten Manokwari turut hadir dalam pertemuan tersebut sekaligus sebagai narasumber dengan memaparkan materi “Dukungan Profesi IAI Dalam Eliminasi Malaria Terhadap Penyediaan Obat Antimalaria Sesuai DOEN di Apotek Swasta”.

  

Sebagai bentuk dukungan peran Apoteker di Manokwari, Indah juga mengajak sejawat Apoteker di Manokwari agar dapat berpartisipasi mengambil bagian mendukung berbagai program pemerintah terlebih di bidang kesehatan. Dengan melakukan perencanaan, pengadaan, penyimpanan, distribusi ke pasien serta pelayanan informasi terkait aturan pakai dan efek samping obat-obat esensial malaria, Apoteker telah melaksanakan praktek profesi kefarmasian dalam mendukung progaram pemerintah. Sebagai bentuk pertanggungjawab, Apoteker Penanggungjawab Apotek diwajibkan memberikan pelaporan logistik obat antimalaria setiap bulannya kepada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dengan menggunakan link tautan yang sudah dibagikan.

Diakhir acara, Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dan juga Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari menandatangani kesepakatan dengan para Apoteker Penanggungjawab Apotek di Manokwari yang hadir untuk mendukung tercapainya target eliminasi malaria Kabupaten Manokwari tahun 2024 dan target eliminasi Provinsi Papua Barat tahun 2027.

Sebanyak 75 Apotek Swasta di Kabupaten Manokwari yang diundang dalam pertemuan tersebut, dihadiri oleh Apoteker Penanggungjawab Apotek. SekreIAIPCMKW_30112021

Dokumentasi Kegiatan: Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Selenggarakan Pertemuan PPM Dalam Rangka Eliminasi Malaria di Papua Barat


#Malaria #Manokwari #PapuaBarat #Apoteker #SalamSolidApotekerManokwari

Apakah pendapat Anda tentang berita ini?