" Selamat Datang di Website Resmi Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Manokwari "

Sebanyak 83 Siswa-Siswi SMA Negeri 01 Manokwari Ikuti Kegiatan Apoteker Guru Tamu PC IAI Manokwari Via Zoom Meeting

LINCAH KRANDALIT BRAWIJASARI | 10/10/2020 | Program Kerja | 335 Views | 165 Likes

Sebanyak 83 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 01 Manokwari ikuti kegiatan Apoteker Guru Tamu bersama Pengurus Cabang (PC) IAI Manokwari via Zoom Meeting, Kamis (08/10/2020).

Apoteker Guru Tamu merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang dicanangkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) dalam rangka memeriahkan Hari Apoteker se-Dunia atau World Pharmacists Day Tahun 2020 dengan tema "Transforming Global Health".

Kegiatan Guru Tamu yang diselenggarakan oleh PC IAI Manokwari bersama siswa-siswi SMA Negeri 01 Manokwari tersebut berlangsung mulai pukul 12.30-14.30 WIT dengan menghadirkan 2 orang pemateri dari Sejawat Apoteker Manokwari yaitu apt. Saharuddin, S.Farm. dan apt. Lukas Dosonugroho, S.Si.

Pembukaan diawali oleh Ketua PC IAI Manokwari apt. Indah Paramitha Kasim, S.Farm. kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para pemateri.

Pemateri pertama apt. Saharuddin membawakan materi tentang pengenalan Profesi Apoteker dan Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran Obat Online. "Kalau selama ini adik-adik cuma kenal apoteker hanya ada di apotek saja, itu keliru. Apoteker tidak hanya bekerja di apotek saja, apoteker ada juga ada di industri (pabrik atau PBF), di pemerintahan (rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan), di Balai POM (Pengawas Obat dan Makanan), di akademisi sebagai dosen dan peneliti, sebagai PNS, POLRI dan TNI. Profesi Apoteker punya banyak peluang kerja dan masih sangat terbuka", Ungkap Sahar yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S2 di UGM (Universitas Gadja Mada) Yogyakarta.

Lanjut Sahar, Apoteker juga bisa menjadi sumber informasi buat masyarakat yang membutuhkan penjelasan seputar dunia obat-obatan, apalagi saat ini marak penjualan obat secara online. Kita jangan ragu untuk menanyakannya langsung kepada Apoteker apabila ingin bebelanja obat secara online agar terhindar dari obat palsu yang dapat membahayakan keselamatan jiwa kita", Ujar Sahar.

Pemateri kedua, apt. Lukas Dosonugroho menyampaikan materi tentang keamanan pagan dan aplikasi keamanan pangan. "Selain obat-obatan, Apoteker juga berperan menyampaikan informasi terkait keamanan dan mutu pangan agar terhindar dari berita hoax atau berita yang menyesatkan. Ada beberapa cara untuk memilih pangan olahan yang akan dikonsumsi yaitu dengan melakukan cek KLIK: cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar dan cek Kadaluwarsa. Apabila adik-adik mau menanyakan tentang obat atau pangan yang dikonsumsi, adik-adik bisa menanyakan kepada Apoteker atau menanyakannya kepada Balai POM setempat untuk mendapatkan informasi yang benar, terjamin dan akurat", Jelas Lukas yang saat ini bekerja di Balai POM di Manokwari.

Ketua PC IAI Manokwari apt. Mitha menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung kegiatan Apoteker Guru Tamu PC IAI Manokwari sehingga dapat terlaksana dengan baik. "Saya sebagai ketua PC IAI Manokwari mengucapkan terima kasih kepada adik-adik SMA Negeri 01 Manokwari yang sangat antusias mengikuti materi selama kegiatan berlangsung, kepada pihak sekolah terutama Kepala Sekolah SMA Negeri 01 Manokwari Lucinda Mandobar yang mengizinkan kami melibatkan siswa-siswinya dalam kegiatan Apoteker Guru Tamu secara daring, dan kepada sejawat apoteker dan panitia WPD 2020 PC IAI Manokwari yang mendukung pelaksanaan kegiatan. Terima Kasih. Salam Sehat untuk kita semua", Ujar Mitha.

Kegiatan Apoteker Guru Tamu yang berlangsung selama 2 jam tersebut dihadiri oleh 83 siswa-siswi SMA Negeri 01 Manokwari melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara live streaming melalui akun Youtube IAI Manokwari. SekreIAIPCMKW_10/10/2020

Dokumentasi Kegiatan: https://iaipcmanokwari.org/gallery/album/39


#wpd2020indonesia #worldpharmacistday2020 #apoteker #manokwari #indonesia #SMAN01Manokwari #SalamSolidApotekerManokwari

Apakah pendapat Anda tentang berita ini?